7 Manfaat Kesehatan Makan Ikan Yang Mengejutkan


manfaat makan ikan

Manfaat Konsumsi Ikan - Ikan adalah salah satu elemen kunci dari diet sehat. Makan ikan secara teratur akan meningkatkan kesehatan Anda dan melindungi Anda dari berbagai penyakit serius.
Ikan adalah makanan pikiran, makanan hati, dan makanan super, tinggi nilai gizi, dikemas dengan vitamin, mineral, protein dan asam lemak omega-3. Ikan memiliki nilai gizi dan protein yang lebih tinggi daripada jenis protein lain yang tersedia
Anda harus mencoba makan ikan setiap hari, atau setidaknya setiap hari. Namun, saya adalah salah satu dari orang-orang yang tidak makan sebanyak yang seharusnya. Saya menulis artikel ini untuk keuntungan saya sendiri - saya bertekad untuk membalikkan daun baru dan menambahkan lebih banyak ikan ke dalam diet saya!
Jadi, banyak dari kita tahu bahwa ikan adalah makanan super yang membuat kita kuat dan sehat. Ikan berlemak, seperti salmon, trout, herring, sarden, dan tuna mengandung banyak asam lemak omega-3 dan, karenanya, yang paling bermanfaat. Tapi, tidak masalah jenis ikan apa yang Anda makan. Semua ikan memiliki elemen bagi mereka untuk meningkatkan kesehatan Anda dan Anda akan mendapat manfaat dari makan lebih banyak ikan .

Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Sekarang saya akan memberi tahu Anda tentang beberapa alasan luar biasa untuk makan lebih banyak ikan - di bawah ini adalah 7 cara bahwa ikan akan meningkatkan kesehatan Anda.
  1. Tingkatkan kondisi hati Anda

Kaya akan protein dan asam lemak omega-3 . Ini tidak tinggi lemak jenuh seperti kebanyakan protein berbasis hewani. Salah satu musuh terbesar di hati Anda adalah kolesterol. Ikan mengandung asam lemak tak jenuh yang bila digantikan dengan lemak jenuh seperti yang ada pada daging merah, dapat menurunkan kolesterol Anda. Asam lemak Omega-3 telah ditemukan untuk menurunkan kadar lemak dari darah Anda, dan oleh karena itu, mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.
“Makan ikan dua kali seminggu adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda!” - Kata American Heart Association.
Menurut AHA, makan makanan berbasis ikan setidaknya dua kali seminggu akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular secara signifikan. Ketika Anda makan lebih banyak ikan, Anda mengurangi sumber protein lain yang memiliki lebih banyak lemak jenuh dan kurang sehat bagi Anda.
Jadi, bantulah hatimu dan mulailah makan ikan secara teratur.

2. Nutrisi Bagi otak Anda

Tubuh Anda tidak dapat menghasilkan asam lemak omega-3, sehingga kita harus mendapatkannya secara langsung dari makanan. Makan ikan berminyak seperti salmon, nila, trout, bas, lele, tuna, dan semua jenis ikan lainnya tidak hanya akan membuat Anda lebih sehat, tetapi juga lebih pintar.
Minyak ikan mengandung EPA dan DHA dalam bentuk siap pakai, dan makan ikan dapat memungkinkan kita untuk menyerap senyawa ini lebih mudah.
Kedua bahan ini meningkatkan kekuatan otak Anda. Tingkat DHA telah dikaitkan dengan penurunan risiko mengembangkan penyakit Alzheimer dan kehilangan ingatan. Makan ikan juga telah ditemukan untuk membantu mempertahankan volume rata-rata hippocampus, korteks serebral , dan neuron materi abu - abu di otak Anda. (Ikan Non-Goreng Mungkin Membantu Menangkal Alzheimer: Studi )

3. Tingkatkan kesehatan tulang

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang Anda cenderung menurun. Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda mungkin harus melengkapi diet Anda dengan kalsium, blok bangunan utama untuk tulang Anda. Ikan mengandung kadar kalsium yang tinggi, jadi jika Anda prihatin dengan penyakit osteoporosis penipisan tulang, makan banyak ikan. Ikan memiliki strontium, yang efektif untuk mengobati osteoporosis. Mineral seperti seng dan vitamin D dalam makanan laut dan kerang mendorong pertumbuhan tulang dan produksi kolagen tulang yang kuat.

4. Memperbaiki kulit dan rambut

Untuk memperbaiki kulit dan rambut Anda, asam lemak omega-3 dalam ikan harus dimiliki dalam diet Anda
“Asam lemak ini bertanggung jawab untuk kesehatan membran sel, yang tidak hanya bertindak sebagai penghalang terhadap hal-hal yang berbahaya, tetapi juga lorong untuk nutrisi untuk masuk dan keluar dan untuk produk limbah untuk masuk dan keluar dari sel, ”kata Ann Yelmokas McDermott, PhD, ahli gizi di Pusat Penelitian Gizi Manusia JeanAer USDA pada Aging di Tufts University di Boston. (Sumber: Ingin Sehat Kulit? Feed It Well)

5. Tingkatkan libido Anda

Makan ikan dapat meningkatkan libido Anda. Ini meningkatkan jumlah sperma dan tingkat testosteron pada pria. Testosteron juga bertanggung jawab untuk meningkatkan kinerja dan hasrat seksual baik pada pria maupun wanita. Makan makanan laut seperti kerang, udang, lobster dan tiram, yang kaya akan yodium dan seng, sangat penting untuk fungsi normal dari sistem reproduksi laki-laki.

6. Tingkatkan mood Anda

Makan pintar juga membuat Anda lebih bahagia, dan bukan hanya psikologis. Penelitian telah menemukan bahwa omega-3, dan DHA yang ditemukan dalam minyak ikan dapat meningkatkan tingkat sekresi kimiawi otak Anda terkait dengan suasana hati yang meningkat, yang membantu Anda mengatasi depresi dan perubahan suasana hati. Ada beberapa jenis ikan dan makanan laut bersama dengan makanan sehat lainnya yang membantu Anda meningkatkan mood Anda .

7. Perkuat sistem kekebalan Anda

Ikan memasok vitamin dan mineral penting, seperti vitamin D, asam amino, kalsium dan DHA dan EPA yang memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu untuk melawan penyakit secara alami. Sebuah laporan yang diterbitkan pada April 2013 Journal of Leukocyte Biology, membantu memberikan kejelasan mengenai hal ini dengan menunjukkan bahwa minyak ikan kaya DHA meningkatkan aktivitas sel B, yang merupakan bagian dari sel darah putih . Fungsi vital sel darah putih adalah untuk melawan infeksi dan penjajah asing yang mengancam tubuh.

Apakah ada risiko terlibat dengan makan ikan?Perhatian dengan makan ikan adalah mencari tahu di mana dan bagaimana ikan Anda dibesarkan dan metode apa yang digunakan untuk bertani dan memanen. Pastikan Anda mengonsumsi ikan yang ditanam dan dibesarkan di pertanian organik, dengan menggunakan metode pertanian berkelanjutan
Ada juga kekhawatiran dengan polusi dan merkuri yang ditemukan dalam air. Semua air mengandung sedikit merkuri, tetapi jika Anda memakan ikan yang dibesarkan di tempat yang airnya terkontaminasi lebih banyak polutan dan tingkat merkuri yang lebih tinggi, maka itu mungkin menjadi masalah. Merkuri sangat berbahaya bagi perkembangan otak dan sistem saraf anak-anak muda dan yang belum lahir.
Food and Drug Administration (FDA) dan Environmental Protection Agency (EPA) merekomendasikan bahwa kelompok-kelompok ini membatasi jumlah ikan yang mereka makan
Wanita yang sedang hamil atau mencoba hamil
Ibu menyusui
Anak muda
Tentu saja, tidak ada kekhawatiran jika ikan bersumber dari peternakan ikan organik.

Cara memasak ikan Anda

Cara Anda memasak ikan akan memengaruhi manfaat nutrisinya. Cobalah memanggang atau merebus ikan Anda daripada menggoreng, yang merusak minyak yang sehat. Dan, jangan terlalu lama!
Seperti halnya semua makanan sehat, makan ikan secara langsung lebih baik daripada mengkonsumsi vitamin, kalsium, protein, dan suplemen omega-3 untuk manfaat kesehatan.

Source : sehat-natural

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Penyebab Demam Dan Cara Mengobati?

11 Manfaat Daun Sirih Untuk Obat dan Kesehatan